Search

Rabu, 02 November 2011

Grab Your Mac


Yang pake komputer dengan OS Windows pasti sudah pernah setidaknya satu kali make tombol yang namanya PrintScreen, yang ada di keyboard. Letaknya biasanya di bagian atas keyboard, sejajar dengan tombol functions (F1-F8) atau di atas tombol INSERT. Fungsinya adalah untuk meng-capture alias merekam tampilan layar untuk kemudian dapat digunakan misalnya di Microsoft Office Word atau PowerPoint dengan cara mengklik perintah PASTE.
Waktu pertama kali pake Macbook (kesannya udah lama, padahal baru 4 bulan yang lalu. Hahaha…), aku bingung nyari tombol PrintScreen. Aku nyari tombol itu karena aku sering bikin handout, lembar kerja atau PR untuk muridku, dan biasanya pada halaman-halaman itu aku memasukkan gambar tampilan layar, supaya murid-muridku punya patokan bagaimana tampilan layar setelah mereka, misalnya, mengklik tab INSERT.
Setelah mengobok-obok isi Macbook, barulah aku nemu program yang namanya GRAB, yang tersimpan dalam UTILITIES. Grab berfungsi untuk meng-capture tampilan layar.  Tapi bedanya dengan PrintScreen di Windows, Grab menyimpan tampilan layar yang kita “potret” (soalnya lambang Grab berbentuk kamera) dalam bentuk gambar berformat .TIFF (salah satu format file gambar).  Nantinya, setelah meng-grab tampilan layar yang kita perlukan, kita akan bisa menyimpannya di folder yang kita pilih.  Lalu kita bisa menggunakan gambar itu dengan cara mengklik tab INSERT di program yang kita gunakan (MS Word atau PowerPoint misalnya), lalu memilih PICTURE dan FROM FILE.  Cari file yang akan kita pake di folder pilihan kita tadi, klik dua kali, atau klik sekali dan klik insert.  Lain kali aku tulis dengan diikuti gambar deh. Atau mau belajar langsung? Silakan berkunjung ke ruang komputer ya. :)

Tidak ada komentar: